Rabu, 18 Mei 2016

Pizza malas


  Namanya pizza malas karna buat doughnya santai  kaya' dipantai....no ulen buuuu.
ini kali ketiganya saya buat pizza sendiri yang sebelumnya klo mau pizza ya nongkrong di pizza hut yang hanya duduk manis nunggu 15-20 menit semua   Siap dan dalam sekejap ludes perut kenyang Alhamdulillah... giliran bayar Astagfirullah...dompet langsung kosong huhu.... yaaa dari pada gitu mending kita buat sendiri saja.
ketika tinggal dikota kecil bontang, kota kecil ditengah hutan tidak ada mall dan pizza hut semakin memantapkan hati saya untuk menaklukan pizza. pizza perdana adalah pizza pejuang, kenapa pejuang? Karna buatnya penuh perjuangan hahahha....saya uleni manual banting membanting keringat dan air mata bercucuran demi sepotong pizza prosesnya lama dan sangat menguras tenaga yaaa mau diapa lagi, salah siapa? Siapa suruh doyan pizza. Tapi semua terbayar ketika pizza matang sempurna.
     Kita kembali kepizza malas ini, kamu bisa lebih santai bisa sambil karaokean, olahraga, nonton selojoran, bisa tiduran , bisa ngerumpi dengan tetangga tau-tau adonan sudah lembut. 
Sebelumnya tidak begitu yakin dengan resep ini masa ia akan enak tanpa harus diuleni, membayangkan adonan tidak kalis pasti rotinya akan alot. Ketika teman mencoba resep ini dan katanya enak barulah saya buat juga.

Bahan dough pizza:
-140 ml air hangat
-200 gram tepung protein tinggi (saya pake cakra)
-1 sendok teh ragi
-1/2 sendok teh garam
-3 sendok makan minyak zaitun 
Cara membuat:
Siapkan wadah masukan terigu dan ragi campur dengan air sedikit demi sedikit lalu masukan minyak aduk rata terakhir masukan garam aduk hingga benar-benar rata dan menjadi adonan kasar, lembek dan agak basah.
Tutup mangkok dengan kain biarkan disuhu ruang selama 1 jam hingga mengembang. Setelah itu Masukan adonan kekulkas hingga 1-3 jam dalam posisi tertutul kain, adonan boleh didiamkan dikulkas maksimal 8 jam.sambil menunggu kamu bisa melakukan apa saja kalau saya, sempatkan kepasar dulu. 

Pulang dari pasar saya buatkan toping

Bahan :
-150 gram daging dada ayam rebus, potong tipis2
-50 gram jamur kancing, iris tipis2 
-1 buah bawang bombay, potong panjang2 
-2 sendok makan saus lada hitam
-1/4 sendok teh merica bubuk
-1/4 garam halus
-tomat 1 buah
-jagung (saya pakai yang kalengan)
-1 sdt oregano

Tumis bawang bombay hingga harum, masukkan ayam, saus lada hitam, garam,merica, origano..aduk rata dan tumis sebentar. Koreksi rasa..jika kurang gurih boleh di tambah garam..

Saus olesan sesuai selera..karna toping sudah berbumbu maka saya pakai saus tomat yang praktis di campur sedikit saus barbeque

Penyelesaian :
Setelah 3 jam Keluarkan adonan roti pizza dari kulkas, remas-remas sebentar pipihkan diloyang yang sebelumnya audah diolesi minyak, tusuk-tusuk menggunakan tusuk gigi, olesi saus olesan secukupnya, lalu tata tumisan toping ayam lada hitam,jamur,tomat dan jagung. Beri keju mozzarela di atasnya, lalu panggang dengan suhu tinggi di oven sampai keju meleleh sekitar 20 menit. Sajikan segera hangat2 agar keju lebih terasa.
Nb: saya memakai otang (oven tangkring)  menggunakan api besar, loyang di rak tengah. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TenriLuw| Powered By Blogger.