Minggu, 30 Oktober 2016

TENTANG SEKOLAH SKY


pada awalnya saya dan pak suami sepakat akan menyekolahkan sky di usia 5 tahun di TK besar karna sky anaknya tidak pemalu, sama orang baru gampang akrab jadi soal sosialisasi aman aja. Alasan lain karna sehari-hari dirumah daja sebagai ibu penuh waktu buat sky dan pak suami
Hingga suatu hari diusia 4 tahun 1 bulan  sky mengatakan "ingin sekolah"
Awal kami tidak menanggapi serius "ia nanti sky sekolah juga kok,sekarang dirumah dulu temani umi"
Diam, kemudin minta lagi -_____-
Dalam sehari 4-5 kali dia ngomong kalau ingin sekolah
 " kay mau sekolah juga tauuu,ada banyak kawan-kawan kay disana"
Memang dari agustus selain weekend pagi hari kompleks selalu sepi. teman-teman seumuran dia sudah masuk paud ada juga yang di TPA karna kondisi orang tua mereka  yang memang kerja dua-duanya.

Kebiasaannya setelah mandi dan sarapan sky keluar mencari teman-temannya atau temannya sendiri yang kerumah mengajak bermain. 
Setelah teman-temannya masuk paud. Sky selalu pulang membawa muka sedih dan kecewa
"Kawan-kawan kay tidak ada, semua-muanya peggi sekolah, kay tidak bahagialaaaaahhh"

"Umi kay kok tidak punya kawan dirumah, kenapa kay sendiri saja dirumah? Klo ubay ada kawannya dirumah. Ada kakak warda dan kakak muccid selalu temani dia"

Ubay adalah tetangga sebelah yang usianya hanya beda 2 bulan. Ubay punya kakak yaitu wardah dan mursid.
Sky belum paham apa itu saudara kandung. Kakak kandung dan adik kandung. Yaaa karna dia manggil "kakak" berarti kakaknya juga
Sky heran kenapa mereka tidur satu rumah. Kenapa kakak-kakak itu  pernah mau tidur dirumah sky.

Sky kesepian....
Sky sedih....

Sky suka nanya kenapa kawan-kawan sky tidak sayang lagi sama sky. Kawan-kawan sky semuanya lebih suka kesekolah. Kenapa?
Sky lelah menunggu temannya pulang sekolah. Temannya pulang sekolah eh dianya masih tidur. Jadi ketemunya weekend saja itupun jarang karna weekend saya dan abynya lebih sering mengajaknya main diluar.
Permintaan sky untuk sekolah akhirnya kami tanggapi dengan serius. Setelah diskusi dengan abynya kami akhirnya memutuskan untuk menyekolahkan di Tk  A
kami tetap sepakati sky akan masuk SD usia 7 tahun, kemudian TK B. harus menunggu beberapa bulan kemudian masuk SD pas usia 7 tahun.

Memilih sekolahpun tidak mudah.Antara makassar dan bontang. Tergantung bagaimna sekolahnya.untuk usianya yang masih usia bermain saya benar-benar menginginkan sekolah Tk yang dari mulai datang hingga pulang aktifitas hanyalah bermain dan bermain. 
Apakah ada????

hunting Tk yang dibontang dan menelpon teman yang dimakassar menanyakan bagaimna sekolah Tk dimakassar. Sayangnya tk yang saya inginkan tidak ada.sepertinya diindonesia memang masih kurang atau belum ada sama sekali. Entahlah..... Mungkin dikota besar seperti "jakarta" ada.

Melalui pertimbangan dari A -Z akhirnya kami memutuskan sky tetap dibontang dan memilih NATURE SCHOOl BAITURRAHMAN. 






Saya dan abynya sempat khawatir sekolah alam baiturrahman menolak sky karna sekolah sudah berlangsung dari agustus artinya sky sudah telat 3 bulan. Tapi karna skynya sudah niat pake "banget" sekolah jadi kita nekat aja kesekolah.

Ketemu langsung sama kepala sekolah TK A. Setelah berbincang-bincang beliau mengatakan tidak bisa memberi jawaban sekarang karna harus dibicarakan dengan pihak sekolah yang lain. Beliu   minta waktu maksimal 3 hari dan berjanji utuk mengabari bisa atau tidaknya.
melihat langsung sekolah alam baiturrahman selain luas ada banyak  pohon besar disekolah ini tentunya membuat susananya semakin adem. sky feel excited melihat pemandangan hari itu ada yang senam ditaman, ada yang manjat-manjat,ada yang main ayunan,ada yang bernyanyi dan banyak lagi.yang terpenting ada banyak kawan.olalalala......betapa senangnya dia kelihatan dari wajahnya yang selalu tersenyum sekali-kali keluar dari mulut decak kagum,bahkan dia sudah tidak sabar ingin bergabung.
tunggu dulu.kita belum bayar. opssss....diterimapun belum hahahaha.....

Untungnya tidak sampai 3 hari.tidak selama itu sky harus galau menunggu keputusan sekolah.Sore hari kepala sekolah sudah memberi kabar kalau besok sudah bisa kesekolah untuk mengisi formulir dllnya. 

Yeaaah sky sekolah......
Ada rasa haru, bangga dan khawatir. 

Anakku yang kemana-mana selalu ngekor. Apa-apa umi, dikit-dikit umi. Sekarang sudah sekolah. Hiks....hiks...terharu 




Kenapa memilih sekolah alam? 
Karna secara lahiriah anak lebih suka berada diruangan terbuka dibanding dengan ruangan tertutup
Seperti kelas.  alam akan selalu memberi energi positif.
Dengan belajar dialam terbuka meskipun sedang dalam proses belajar sky masih merasa bermain. Dia masih bisa bergerak bebas,aktiv dan fun dalam pengawasan gurunya. 

sky adalah tipikal yang tidak bisa diam juga suka bosanan Sky tidak akan betah didalam kelas yang suasanya monoton. Duduk manis adalah masalah besar untuknya. 
Dirumah kalau diajak belajar belajarnya sambil salto-sato (baca:bergerak semau-maunya)
karna diharuskan duduk saat makan . Jadi deh makan sambil goyang-goyangin jempol kaki kadang angkat-angkat pantat sediki-sedikit.

Sengaja memilih TK alam agar sky mendapatkan tempat bermain dengan suasana yang lebih menyenangkan dari pada dirumah, mendapatkan hal-hal baru,dengan teman baru dan lingkungan baru. 

Weekend saya dan abinya memang lebih sering mengajaknya main dialam bebas dan sky sangat menikmati dia selalu bilang " hari yang indah, sejuk sekali"
Karna Alam adalah salah satu unsur yang secara paikologis dapat memberikan rasa rilex dan tenang.sky Menemukan kenyamanan  disana hingga ketika kita ajak pulang dia selalu bilang "sky belum siap" atau "besok kita kesini lagi ya"

Mengingat begitu pentingnya fase golden age, keharusan saya sebagai orang tua memberi pengalaman yang lebih bermanfaat,memberikan pendidikan,memberikan stimulasi dengan maksimal dan mengenalkan berbagai aktivitas yang sky minati, membiarkan sky melakukan hal-hal disukai. Ya....dengan alam sky bisa bergerak tanpa batas, bergerak lebih leluasa.
Selain itu Alam sendiri banyak menawarkan hal-hal yang menarik perhatian anak-anak maka bermain dialam akan semakin meningkatkan kreativitas dan daya eksplorasinya dengan begitu keterampilan sensorik-motorik, kemampuan kognitif,bahasa,kemandirian akan lebih terarah.juga sosio emosional Karna alam sangat baik menjadi media mematangkan emosi anak. 

Sky anak mood...moodtan. Hari ini setelah bermain dia bisa merapikan semua mainannya sambil bersenandung, esoknya bisa saja dia menolak keras untuk melakukan itu. Kesepakatan yang sudah dibuat tidak berarti apa-apa. Yaaaaah....namanya juga anak-anak, mungkin semua anak begitu kali ya?
Beda lagi kalau main sama teman-temannya. Setelah bermain saya arahkan untuk mengumpul mainan justru sky yang paling bersemangat.
"Ayooo kawan-kawan, kita rapikan mainannya"

Saya yakin disekolah sky akan lebih bersemangat karna ada banyak kawan disana.Jadi, kebiasaan-kebiasaan yang baik itu semakin sering terulang-ulang antara rumah sendiri dan sekolah Insya Allah akan tertanam


Sekolah alam islam terpadu baiturrahman menyediakan jenjang pendidikan mulai dari KB, TK A, TK B, hingga sekolah dasar. 
Memiliki Visi:terbentuknya generasi pengelola semesta sejati yang bekepribadian Islami
Dan Misi: menyiapkan generasi mandiri yang peduli alam semesta dengan melatih dan membiasakan berakhlaq baik, serta merangsang tumbuh kreativitas.


Kegiatan di Tk alam baiturrahman ini berlangsung hingga pukul 11.00 di mulai dari pukul 7.20
Pagi hari anak- anak selalu disambut riang oleh gurunya. Sebelum masuk pekarangan sekolah anak-anak disapa satu persatu dengan mengucapkan salam yang kemudian dijawab oleh siswa. Begitupun saat pulang, anak akan diantar sampai di gerbang lalu memberi salam sambil menyalami satu persatu.

Disekolah alam baiturrahman ini memiliki saung (rumah kayu) sebagai kelasnya.didalamnya sudah disiapkan lemari untuk menyimpan pakaian, gantungan untuk menyimpan tas atau jaket dan rak sepatu tentunya sudah tertulis nama masing-masing siswa agar siswa tidak sembarangan menyimpan barang miliknya.

Saung ini digunakan saat memulai  atau mengakhiri kegiatan. Hal yang biasa dilakukan didalam saung adalah mebaca qiro'ati, tahfidz, makan bersama dan evaluasi.

Setiap siswa diwajibkan membawa  perlengkapan untuk berkebun. Perlengkapan untuk berkebun yaitu baju ayah, sepatu boot, kaos tangan dan baju ganti di simpan didalam saung kemudian dipake saat sekali seminggu sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Bila perlengkapan kotor.anak akan membawa pulang kemudian diganti dengan yang bersih.

Anak akan di beri pengalaman tentng mengelola tanah, merawat hingga memanen. Kegiatan berkebun bisa membentuk karakter anak dari kerja keras, kesabaran dan keuletan.
Mengajak anak bereksplorasi dengan alam sekitar, mengamati benda-benda yang ada dialam seperti daun,pohon,rumput, batu dll

Ada juga Fun cooking. Outbound, perpustakaan. 
Jadi tiap hari kamis anak diperbolehkan membawa buku cerita pilihan sendiri. dipinjam selama seminggu. 
Sky senang memilih buku cerita tentang hewan menjelang tidur saya selalu membacakan.

saya sendiri mengutarakan kegelisahan saya kewali kelasnya. Bahwa sebenarnya saya, belum mengharapkan sky untuk belajar membaca,menghitung apalagi untuk menghafal qiroati. 
Jadi maaf jika dibanding teman-temannya prestasi Qiro'ati sky paling rendah bahkan belum bisa menyebutkan sama sekali karna dirumah saya tidak menekankan dia untuk belajar atau mengulang hafalan. 
Untuk doa-doa harian tetap akan saya bacakan tiap hari tapi sky hanya sebagai pendengar atau sky hanya sekedar ikut-ikut menyebutkan.melatihnya untuk mebaca sendiri "belum " saatnya

Jadi di buku prestasi Qiro'ati nilai sky L - (ulang) terus. 

Bukan tidak mau anaknya pintar tapi belum saatnya. saya mau sky tumbuh sesui dengan usianya.  Kasian bila dipaksakan pasti akan ada efeknya.biarkan dia pada saatnya.Jangan sampai dia trauma karna diusia bermainnya sudah diberikan beban "harus bisa" 
Bagaimna jika anak menjadi stress. Kecil-kecil sudah tertanam dipikirannya "sekolah itu tidak asik" lalu mongok sekolah, ngerikan? 
 kita semua sudah tau "main"bagi anak kecil itu adalah kebahagiaan yang tiada duanya.
Kenapa "tidur siang" tidak disukai oleh anak kecil? Jawabnya karna tidur siang adalah monster yang menyita waktu bermainnya.

Menurutku PAUD identik dengan stimulasi, stimulasi itu identik dengan bermain. Jadi, apapun kegiatan yang dilakukan dalam PAUD kontennya "haruslah" bermain.
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TenriLuw| Powered By Blogger.