Jumat, 25 November 2016

KUE UNTUK SKY




"Panjang umurnya..,panjang umurnya.....panjang umurnya serta mulia" yeeeeeeeee...........selamat ulang tahun sky, selamat 4 tahun. 
Ada yang semangat buat kue nih. Dari subuh sudah sibuk didapur, sibuk baca maksdnya.... Dikit-dikit tengok hp lagi...hp lagi...untung hp g' nyemplung dalam adonan.
"Ah....menghias kue ulang tahun buat anak cowok itu gampang"
Ia itu di you tube!!!!

Giliran buat sendiri pusing kan? pake alat seadanya tapi mau hasil yang sempurna. Habis di ukir diukir lagi. Kuenya belum mulus, ambil baskom kemudian bolunya disimpan diatas ditambahkan cream kemudian diputar-diputar. Keasikan mutar eh kuenya jatooohhh!!!! Nangis deeeehhhhh >_______< yaa sudahlah....pasrah dengan bentuknya, yang penting rasanya.
Sering sih dibuatkan kue bolu tapi yang ini beda. ini adalah kue ulang tahun pertamamu (pertama potong kue) dan ini adalah kue ulang tahun pertama umi. Jadi, maaf yeeeee kalau penampakannya rada-rada gimana gitu. Yang penting enak ya.... Enak kan sky? Eh!

Ini bukan "perayaan" tapi "mengadakan" artinya tidak ada pesta, balon dan undangan,Hanya ada umi dan abi bantu niup lilin dan makan kuenya btw kuenya enak looo 

Bahkan Tanggal 24 agustus di tahun-tahun sebelumnyapun tidak pernah ada cake. berjalan 4 tahun usianya sky semakin pintar,dia paham ulang tahun adalah hal yang sangat menyenangkan. 
"Umiii aku mau ulang tahun juga kaya' kakak oi"
Itu katanya saat pulang menghadiri pesta ulang tahun temannya.

Begitu juga saat sky nonton Tv. Ketika yang dia nonton adalah acara ulang tahun maka dia akan ikut bernyanyi setengah berteriak.
"Panjang umurnya...."
Atau 
"Besdey tuyuuuuuu...."
Terus diulang-ulang sampai capek.

Paling heboh saat mati lampu dimalam hari. ada yang sibuk bakar lilin ada yang sibuk tiup lilin. Tipa kali abinya bakar lilin dia pasti bersemangat tiup lilinnya disertai dengan lagu ulang tahun,Padahal lagi mati lampu.  

 Saat saya kecil hingga remaja jarang sekali menerima kado dan ucapan. saya tumbuh di keluarga yang tidak familiar dengan ulang tahun.tradisi itu bukanlah hal yang biasa."janganmi ikut-ikutan,itu bukan budaya kita.nda penting!" itu jawaban orang tua ketika saya menginginkan perayaan/pesta seperti halnya remaja lain. hingga dengan sendirinya saya menjadi terbiasa dan paham.

Ketika jauh dari keluarga kuliah dimakassar saya tetap bersama orang-orang yang tidak biasa dengan "perayaan   Hari jadi" tidak ada perlakuan special bahkan saling memberi ucapanpun tidak pernah.jika ada yang nanya sebutkan tanggal lahir dari kelima sahabatmu, jawabnya tidak tau. Begitupun dengan mereka, tidak ada yang tau tanggal kelahiranku.
meski sudah dikota kami tetap jadi anak manis yang  patuh pada aturan dan kebiasaan saat bersama orang tua.


jodoh sayapun sama.meskipun dia tumbuh dikeluarag yang modren.perayaan ulang tahun menjadi sesuatu yang wajib ada pada saat momen pergantian usia itu berlaku dari yang kecil hingga tua.bahkan jika saya berlama-lama dimkassar biasanya saya akan menghadiri acara ulang tahun hampir disetiap bulan.satu-satunya yang menolak pesta dan ucapan adalah pak suami.dia bahakan idak pernah menghadiri acara tiup lilin atau hanya sekedar makan-makan saat keluarga merayakan hari jadinya,suami lebih memilih nongkrong dikampusnya.

"Ulang tahu adalah prodak barat.kenapa harus mengekor pada tradisi bangsa lain" cetusnya ketika ibunya ingin merayakan ulang tahun pertama sky.

Maka berbahagialah dia karna dipertemukan pasangan yang tidak pernah menuntut kado ataupun ucapan.heaaaaaaaaa Hari jadi selalu terlewatkan begitu saja tanpa ada perlakuan khusus atau apalah semacamnya.pada dasarnya kami memang bukan pasangan yang romatis jadi mau sok-sok romatisan nanti malah enneq.

Beda saat sky ada.meskipun kami tidak menyukai yang namanya perayaan ulang tahun atau apalah semacamnya tapi kami tidak pernah melewatkan tanggal 24 agustus.Dari usia 1 tahun hingga 3 tahun meskipun tidak penah ada kue ulang tahun kami selalu mengajaknya main diluar sampai puas.kemudian membawanya ketoko pakaian dan toko mainan.membelikan mainan yang sedikit lebih mahal dari biasanya karna hari itu adalah hari special. Kami bahagia melihat dia tumbuh sehat dan semakin pintarjadi dihari jadinya kami sedkit lebih memanjakannya.

Menjelang 4 tahun sky kecil benar-benar sudah paham kalau ulang tahun itu meyenangkan.ada kue yang dipotong ada hadiah yang terbungkus(kado) yaaaa meskipun dia belum paham kalau ulang yahun itu adalah perayaan hari jadi. dia belum ngerti tanggal dan waktu makanya tiap pulang menghadiri ulang tahun teman atau tiap kali nonton acara ulang tahun dia pasti minta ulang tahun juga saat itu juga hahahaaa....

Awalnya saya ingin membelikan kue ulang tahun bagus dan besar. tapi abinya nolah.bahkan dia bertanya"untuk apa ada kue?" jelas sekali dia tidak setuju jika ada kue dan lilin. sementara saya sudah mengiyakan saat sky meminta.usaha saya meluluhkan hatinya berhasil. "tidak usah berlebihan" intinya disini jangan ada "perayaan"
Sayapun setuju tidak ada perayaan dan tidak ada undangan tentunya.tidak ada pesta karna itu tidaklah "penting" Disini yang terpenting adalah kebahagiaan sky.

membuatnya bahagia ya tentu mengabulkan keinginannnya untuk mengadakan ulang tahun. konsep ulang tahun yang sederhana,belum muluk-muluk cukup tepuk tangan dan lilin, potong kue lalu terima kado itu sudah mempertegas adanya "ulang tahun"  Ya cukup dengan kue buatan umi ditambah kado dari aby sudah membuatnya sangat bahagia.hingga hari ini dia masih sering cerita keteman-temannya jika dia pernah ulang tahun. pernah menerima kado ulang tahun dari umi dan abi.




dengan bertambahnya usiamu suatu hari nanti kaupun akan faham apa itu "ulang tahun"  

Sehat terus anakku sayang, sahabat kecilku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TenriLuw| Powered By Blogger.