Senin, 19 September 2016

FAMILYSTORY:Jalan-jalan batu malang

Bosan dengan suasana surabaya yang panasnya pooool! pas urusan perkulihan abi semuanya sudah beres tinggal nunggu wisudah kita memutuskan untuk liburan pilihan jatuh pada kota malang lebih tepatnya ke batu.,,

naik kereta api tuuuuttttt....tuttt..tut!!!
yeaaaaah akhirnya naik kereta (norak-norak berbahagia) maklumlah sulawesi dan kalimantan tidak ada kereta api. kita memutuskan untuk naik kereta api eksekutif karna saya sama sekali belum pernah naik kereta api jadi masih banyak kekhawatiran-kekhawatiran yang berlebihan yaa tentang kenyamanan skylah, kenyamanan saya sendirilah.... yang tukang mabok pengalaman naik bus mau posisi bagaimnapun tetap mau mati rasanya karna mabok. meskipun semua orang yang pernah naik kereta mengatakan jauh lebih baik naik kerata daripada naik mobil tetap saja saya khawatir dan yang terpenting dari kereta api eksekutif jauh lebih cepat dari pada yang ekonomi tapi sayangnya kita kehabisan tiket untuk kereta api yang eksekutif jadi yaaaah mau tidak mau kita naik kereta api yang ekonomi.

pengalaman pertama naik kereta api ekonomi, seperti kata orang naik kereta lebih enakan dari pada naik mobil itu betul sekali tapiiii tetep!!! saya harus minum obat mabok karna awal-awal kereta mulai berjalan ketika ada goncangan saya sedikit merasa pusing syukurlah...hanya sebentar saja setelah itu Alhamdulillah.... saya menikmati perjalanan saya bisa sambil ngemil,ngobrol dan tertawa dikereta kalau dimobil sibuk muntah. sayangnya ditengah perjalan Acnya mati bukan hanya saya yang gelisah kepanasan hampir semua penumpang terutama anak kecil.ski yang sudah mengantuk ikut merengek keringat dimana-mana. ada juga beberapa penumpang yang responnya biasa-biasa saja mungkin sudah terbiasa, mungkin hal seperti ini sudah sering terjadi.untunglah jarak surabaya kemalang tidak begitu jauh jadi tidak perlu berlama-lama didalam kereta merayu anak yang sudah rewel ngantuk tambah panas.

dari wonokromo surabaya kemalang kira-kira 2 jam, Alhamdulillah tiba dengan selamat turun dari kereta langsung merasakan sejuknya udara kota malang. istrahat sejenak ,setelah bertanya kesana kemari perjalanan dilanjutkan kekota batu kita memilih naik angkot yang jendelanya banyak dan terbuka lebar sepanjang jalan kita bisa menikmati sejuknya udara kota malang. angkot hanya sampai di terminal landungsari,tiba kelandungsari sudah sore katanya kebatu jam segitu sudah tidak ada angkot jadi kita melanjutkan perjalan dengan taxi. Di batu kita memilih Dhea Home Stay murah dan bersih hanya 200/malam fasilitas ada tempat tidur.selimut,tv,alat makan,kamar mandi(air panas/dingin) dan jemuran.oia di batu tidak perlu cari penginapan yang ada Acnya karna udaranya sudah dingin yang terpenting air panasnya karna airnya sangat dingin apalagi dipagi hari. kita memilih dhea home stay selain karna murah dan bersih jarak ke Bns(Batu night spectacular) sangat dekat hanya berjalan kaki.

istirahat sebentar terus cari makan disekitar penginapan habis maqrib lanjut Bns (Batu night spectacular)

Bawa camera tapi fotonya dikit, keasikan main hahahahha....

Di Bns menyajikan berbagai macam wahana yang bisa dinikmati.ada puluhan wahana. bns buka dari pukul 15.00-23.00 untuk biaya masuknya weekday rp.20.000, weekend rp.30.000, harga tiap wahana berbeda-beda antara 8.000-15.000.

Hari kedua kita main di jatim park 2, karna lumayan jauh jika ditempuh dengan berjalan kaki jadi kita menyewa motor yang disediakan di penginapan.Jatim park 2 adalah tempat rekreasi lebih mengedepankan kombinasi sebagai tempat belajar dan tempat bermain. Jatim park 2 mengusung konsep belajar ilmu alam, biologi dan pembelajaran satwa yang disajikan dengan latar belakang sesuai habitatnya.

Jatim Park 2 dibuka setiap hari pada jam 10.00 sampai dengan pukul 18.00. Khusus untuk Eco Green Park sudah ditutup pada pukul 16.00 wib.
Harga tiket Weekday– Rp.75.000,- (untuk 2 objek wisata yaitu Museum Satwa dan Secret Zoo)
– Rp.95.000,- (untuk 3 objek wisata yaitu Museum Satwa, Secret Zoo dan Eco Green Park atau Museum Bagong)
Untuk weekand
– Rp.105.000,- (2 objek wisata yaitu Museum Satwa dan Secret Zoo)
– Rp.125.000,- (3 objek wisata yaitu Museum Satwa, Secret Zoo dan Eco Green Park atau Museum Bagong)
Harga tiket  dapat berubah sewaktu-waktu. Anak-anak dengan tinggi badan lebih dari 85 cm harus membayar tiket penuh.

Oia diarea jatim park 2 ini ada hotel yang berbentuk pohon namanya pohon inn hotel.

Puas di jatim park 2 kita lanjut ke musium  angkot., jarak dari jatim park ke musium angkot hanya 7 menit namun bisa jadi lebih lama saat akhir pekan maceeeet!!!! belum lagi nyari parkirannya maka habislah waktumu berkeliling-keliling di area parkiran hahahahhaa (pengalaman pribadi boo)

Dari parkiran menuju musium angkot kita melewati pasar terapung ada banyak penjual jajanan-janan dan pakaian kita bisa membelinya buat oleh-oleh. Musium angkot buka jam 12.00-20.00, tiket masuk hari biasa Rp:60.000 di akhir pekan Rp: 80.000

Tak sekedar melihat-lihat, kita juga bisa melahap sejarah dan informasi dari setiap kendaraan dengan cara yang menyenangkan. Informasi sejarah kendaraan ditampilkan melalui tulisan maupun layar sentuh interaktif.Musium ini berisi tentang perkembangan,transportasi di indonesia dan diluar negri dari jaman dahulu kala dimana transportasi masih  mengandalkan tenaga dari binatang hingga sekarang yang suda menggunakan tenaga listrik.

Ada 11 zona museum yang bisa dinikmati pengunjung. Serunya, setiap pergantian zona, ditandai dengan tulisan seperti ketika berada di bandara, sehingga seolah-olah kita melakukan penerbangan ke tempat tersebut.

Menurutku sangat menarik! Tak hanya belajar sejarah dan diajak ke sejumlah negara pabrikan otomotif, bagi penggemar foto, tempat ini punya segudang spot asyik untuk berfoto narsis sayangnya karna kecapean membawa Dslr yang berat dari jatim park terpaksa dslr di titip di loket barulah menyesal ketika hp saya dan hp pak suami lowbat,kembali ke loket sudah tidak ada wktu lagi.

bernarsis ria sebelum hp masing-masing lowbat

Dan serunya lagi kita bisa menyaksikan pertunjukan didalam musium angkot ini ada  China Town & Batavia Show yang dapat anda lihat pada pukul 13.00 - 13.30 WIB,Welcome to Gangster Town pukul 14.00 WIB,Parade Museum Angkut + Movie Star Studio yang khusus dapat di lihat hanya di weekend dan holiday season pada pukul 17.00 WIB,Three Element Show yang dapat anda lihat pada pukul 19.45 WIB.

Akhirnya, perjalanan ditutup dengan 'berkereta' ke zona pasar apung. Menuju zona ini, kita akan melewati lorong yang didesain seperti gerbong kereta,Ketika kaki menginjak lorong, akan terdengar bunyi kereta berjalan, lorong akan bergoyang-goyang dan di kiri kanan jendela ditampilkan tayangan yang membuat kita seolah sedang berada di kereta,Keluar dari gerbong kereta barulah terasa  laparnya efek kanan kiri beraneka ragam jajanan tingggal pilih jangan lupa bayar yaa.

Perjalanan pulang ke penginapan kita mampir dulu membeli sate kelinci perut kenyang pulang tidur mengistrahatkan kaki yang sudah lelah berjalan sepanjang hari.

Hari terakhir kita sempatkan ke perkebunan apel daerah selecta

jatuh cinta sama kota kecil ini,tempat dan keramahan warganya bikin betah tidak rela rasanya kembali kesurabaya yang berbeda.
bakal rindu pastinya....

Sorenya kita meninggalkan penginapan, kembali naik kereta api tuuuutttttt....tuttttt...tuttt menuju surabaya yang panas.