Selasa, 08 September 2015

Nastar|perdana


      Saya ikutan latah buat nastar, meskipun ini adalah kuker perdana tpi semangatnya luar biasa lebih-lebih rasa penasaran saya, berawal dri fb semakin mendekati hari raya idul fitri semakin maraklah bu'ibu yg upload nastar, nastar adalah primadona kuker apalagi saat idul fitri dimana-mana ada.,dari tangan ibu-ibu yg kreatif maka terciptalah nastar-nastar yg cantik dan lucu-lucu yg tentunya semakin enak jga.


         Saya mulai menyukai nastar sewaktu di pondok indah mertua, selalu ada nastar di setiap sajian kukernya, saya  kurang begitu menyukai kuker yang lain, tertarik ke nastar karna perpaduan selali nenasnya, semakin banyak isiannya makan semakin banyak pula yang masuk kemulut saya

         Selain nastar sayapun tertarik membuat kue yang lain, reseppun sdh menumpuk tpi tertunda karna problem oven tidak punya, 10 hari sebelum hari raya saya membeli oven otang dan alat2 perang yang lain termasuk bahan-bahan kuenya, suamipun ikut bersemngat menemani, kelihatannya suami senang akhirnya istri mau jga belajar baking-baking syala la la....(happy)
          Dan hari yang dinanti-nantipun tiba, suami benar-benar baik, dihari pertama saya belajar baking dia tidak kemana-mana dia ikutan kedapur bantu-bantu katanya biar saya tdk terlalu tegang bakar kuenya maklumlah perdana

Bahan kulit:
- 250 gr mentega/butter (saya pake wisman)
- 250 gr margarine (saya pake blue band)
- 4 kuning telur
- 100 gr gula halus
- 700 gr tepung terigu protein sedang
- 4 sdm susu full cream

Bahan olesan:
3 btr kuning telur, kocok lepas dengan 1 sdt suau cair

Cara membuatnya:
1.kocok sebentar mentega, margarine, gula dan telur cukup sampai tercampur saja

2.masukan terigu dan susu bubuk, aduk perlahan hingga tercampur rata

3. Setelah tercampur rata, ambil sesikit adonan buat bulatan2 kemudian beri isian selai yg audah dibulat-bulatkan sebelumnya

4.oven di suhu 130-140'C selama kurang lebih 30 menit, keluarkan beri olesan kuning telur kemudian masukan lagi di rak paling atas hingga kuning mengkilap

5. Angkat, tunggu dampe dingin kemudian susun di toples
Harap-harap cemas menanti....Terlihat dari balik kaca ada yang retak.






    Melihat hasilnya saya kegirangan, akhirnya saya bisa menaklukkan si nastar, rasanyapun enak dan renyah g' terlalu manis saya suka,
Kata anak dan suami enak! 
Senang dong kuker perdana di bilang enak. 
Nastar perdana saya beri hiasan coklat putih 

Catatan:
- katanya kue kering akan bertahan lebih lama lagi jika tepung terigunya di sangrai

- ada juga yg menyarankan telurnya direbus dulu kemudian kuning telurnya di pake campur dengan margarine dan mentega

- beberapa waktu yg lalu saya sempat baca jika gula diganti dengan skm maka nastarnya akan mulus tanpa sedikitpun retakan

Nastar yang saya buat ada retaknya sedikit, tapi rasanya enak, next time mau coba yg telurnya direbus dan pake skm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TenriLuw| Powered By Blogger.